Binahong Berkhasiat Luar Dalam

Khasiat Binahong – Selain cespleng atasi luka di luar tubuh, daun binahong juga andal atasi sakit di dalam tubuh.

binahong merah

Seorang penderita kanker payudara datang dengan luka seukuran telapak tangan orang dewasa. Lina Mardiana, herbalis di Yogyakarta, mengambil 15 daun binahong, menutup luka dengan selapis perban, lalu menempelkan remasan daun binahong di atasnya. Lantas menutup kembali dengan perban. “Kontak langsung antara daun dengan luka dihindari agar pasien nyaman. Daun yang mulai mengering dan menempel akan terasa sakit di kulit bila dilepas,” tuturnya.

Pasien mengganti kompresan remasan daun binahong itu dua kali setiap hari. Luka yang diobati tidak boleh terkena air sebab dapat menimbulkan nanah. Gesekan ke luka juga harus dihindari. Hasilnya luka yang mengucurkan darah itu dalam waktu setahun sudah menutup dan mengering.

Sidi Aritjahja, dokter dan herbalis di Yogyakarta menuturkan daun binahong baik digunakan untuk membantu menyembuhkan luka karena mampu merangsang pembentukan sel baru dan bersifat antiseptik. “Untuk luka luar, tumbuk daun binahong lalu tempelkan pada bagian yang terluka,” tuturnya. Dalam hitungan 3-4 hari luka segera menutup dan mengering.

Lina juga memanfaatkan daun binahong sebagai obat luar untuk membantu menyembuhkan semua jenis luka, radang, atau memar pada tubuh, kecuali daerah mata. Sebab, lendir binahong terasa pedih dan gatal. Remasan daun binahong itu juga baik digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka pascaoperasi.

Andal di dalam

Selain andal menyembuhkan luka di luar tubuh, binahong juga membantu menyembuhkan penyakit di dalam tubuh. Maria Magdalena Andjarwati, herbalis di Kelapagading, Jakarta Utara, meresepkan daun binahong untuk membantu mengobati penyakit paru-paru, seperti tuberkulosis dan asma, serta penyakit jantung, luka lambung, dan tifus. Untuk membantu menyembuhkan tuberkulosis, ambil 10 daun binahong lalu cuci dan keringkan. Lantas rebus dalam 2,5 gelas air menggunakan wadah logam antikarat hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum air rebusan itu pada pagi dan malam hari.

“Agar kandungan senyawa binahong tidak rusak sebaiknya air rebusan jangan disimpan di lemari pendingin ataupun dipanaskan kembali. Cukup simpan pada suhu kamar,” kata Andjarwati. Dalam waktu 6 bulan kondisi pasien tuberkulosis yang rutin mengonsumi rebusan daun binahong akan berangsur membaik.

Para herbalis meresepkan daun binahong dalam berbagai bentuk sediaan, seperti daun segar, simplisia, dan ekstraksi. “Satu kapsul ekstrak daun binahong setara dengan 10 lembar daun segar,” tutur Lina Mardiana yang meresepkan kapsul daun binahong bersama kulit manggis dan keladi tikus bagi pasien penderita penyakit jantung.

Herbalis di Bintaro, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Lukas Tersono Adi, menambahkan untuk konsumsi segar pasien dapat mengonsumsi binahong sebagai lalapan, seduhan, maupun jus. “Untuk jus, blender 5 gram daun binahong dengan 200 cc air. Minum ramuan sehari sekali,” tuturnya. Namun, ia mewanti-wanti agar jangan melampaui dosis yang disarankan karena binahong bersifat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu konsumsinya setelah makan.

Di Kota Garut, Provinsi Jawa Barat, Yan Tachyan mengolah binahong dalam bentuk serbuk. agar pasien lebih mudah mengonsumsi dan lebih tahan lama. Penggunaannya seperti kopi atau teh. Tuang 2 gram serbuk binahong ke dalam 250 cc air hangat dan aduk. Tunggu hingga ampas mengendap lalu minum airnya.

Untuk mendapatkan serbuk binahong caranya kering anginkan daun pada pagi hari. Hindari paparan sinar matahari secara langsung sebab dapat merusak kandungan senyawa yang bermanfaat. Maksimal pengeringan pukul 10.00, setelah itu daun diangkat dan lanjutkan pengeringan keesokan harinya. Setelah kering lalu sangrai dan giling.

Para herbalis sepakat, sebaiknya pilih daun sehat yang tidak terlalu muda atau tua. Daun yang terlalu tua senyawa aktifnya sudah berkurang. “Biasanya daun ke-4 sampai ke-7 dari pucuk. Daun sebaiknya diambil dari tanaman yang telah berbunga sebab zat yang terkandung di dalamnya optimal,” tutur Sidi Aritjahja. Sidi menambahkan orang sehat pun dapat mengonsumsi daun binahong untuk menjaga kesehatan tubuh. Misal dalam bentuk lalapan, tapi jumlahnya harus dibatasi. Maksimal mengonsumsi 5 lembar sehari selama 6 bulan. Konsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang mengganggu kerja hati dan ginjal. Oleh karena itu agar daun binahong tetap berkhasiat di luar dan dalam tubuh, patuhi aturan pakainya. (Andari Titisari/Peliput: Bondan Setiawan, Desi Sayyidati Rahimah, dan Tri Istianingsih)

 

“Untuk lalapan cukup lima lembar daun binahong sehari,” tutur dr Sidi Aritjahja. Teh daun binahong lebih mudah untuk dikonsumsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s