Menanam Pohon Binahong

Menanam Pohon Binahong– Tanaman herbal binahong (Anredera cordifolia) mudah tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Banyak dibudidayakan sebagai taman hias atau obat herbal, di dalam pot, halaman, pekarangan, atau kebun. Berdasarkan data empirik pada masyarakat, Binahong digunakan untuk pengobatan herbal dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, namun tidak ada penelitian khusus dengan uji pra-klinis dan sifat klinis yang menunjukkan kebenaran yang mendalam dari tanaman herbal binahong.

Habitat tanaman herbal binahong adalah sebagai gulma dihutan, ditepi saluran air dan daerah tepi sungai, tempat pembuangan sampah, kebun, taman, diantara tanaman perkebunan, dan dipinggir jalan, yang beriklim basah, daerah tropis dan sub-tropis. Tanaman menjalar memanjat pada batang tanaman pepohonan yang tumbuh lebih kuat dari vegetasi lainnya hingga tinggi 30 m, berumur panjang (perenial).

Batangnya lunak, silindris, saling terkait, merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk bola melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daunnya tunggal, bertangkai sangat pendek, warna hijau, bentuk jantung, panjang 5 -10 cm, lebar 3 -7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal beralur, tepi datar, terasa halus bila dimakan. Bunganya majemuk berbentuk batang, bertangkai panjang, pangkalnya pada ketiak daunya, warana krem keputihan, mahkota lima helai, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, bau wangi. Akar berbentuk rimpang, dagingnya lunak.

Perbanyakan tanaman dapat dilakukan secara Generatif atau melalui biji, namun lebih sering diperbanyak atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya. Tanaman herbal binahong lebih suka tumbuh pada tanah dengan humus yang tebal, berpasir ringan, tanah liat sedang, dengan drainase yang baik, toleran terhadap kekeringan, dan tidak baik pada tanah yang. Tumbuh baik pada kondisi setengah teduh atau teduh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s